Kamis, 29 Januari 2015

HIJAB

Assalamualaikum wr.wb para muslimah…
Kali ini saya akan membahas tentang hijab ni, saya nulis cerita ini berdasarkan pengalaman saya lho, yuk dibaca  .. 
Semoga bermanfaat dan selalu semangat  ^_^ ~.~ …

“HIJAB”

Hijab, sepertinya sering sekali kata itu terdengar. Hijab diartikan sebagai penutup. Menutup yang tidak boleh tampak yaitu aurat. Bagi semua wanita muslim menutup aurat adalah kewajiban. Kenapa wajib karena Allah telah memerintahkannya kepada kita yang tertera dalam Al-Quran dalam Q.S An-Nur : 31 dan Q.S Al-Ahzah : 59 yang berbunyi :
”dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya)… … …”. [Q.S An-Nur : 31].

“wahai nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin “hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka, yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”. [Q.S Al-Ahzah : 59].
Dari dua ayat diatas sudah jelas bahwa wanita itu diwajibkan untuk menutup auratnya. Lalu apa saja sih aurat wanita itu?. Aurat wanita itu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan, selain dari itu maka bagian tubuh lainnya adalah termasuk aurat. 
Ada yang pernah bertanya dengan saya yaitu :
“kalau telapak kaki itu termasuk aurat bukan sih?”.
Kemudian saya menjawab, “ aurat wanita itu seluruh tubuh kecuali bagian muka dan telapak tangan, telapak kaki tidak ada pengecualian maka termasuk aurat yang wajib ditutup bisa menggunakan kain, kaos kaki, de el el..

Kemudian ada yang bertanya kembali,
“pada zaman rosul dulu apakah para kaum wanita menutup telapak kakinya juga?”.
Kemudian saya menjawab, “ pada zaman dulu para kaum wanita menutup telapak kakinya  belum menggunakan kaos kaki (bayangkan saja masa zaman dulu udah ada kaos kaki), namun dengan cara mereka memanjangkan baju gamisnya hingga panjang menyentuh tanah dan menutupi telapak kakinya. Bersyukur kita sekarang bisa menutupnya dengan kaos kaki.”.

Jadi sudah jelas kan yang diperintahkan Allah mengenai aurat. Untuk itu kita harus menutupnya kan itu kewajiban. Laksanakan lah kewajiban itu an taatlah pada Allah. Insyaalloh engkau termasuk orang-orang yang taat dan bertakwa. Aamiin..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar